Skip to main content

Diklat Konstruksi : Buku pln 1-5

Berikut bahan pembelajaran  selama diklat di UDIKLAT PANDAAN.
Semoga dapat membantu teman-teman



Buku-buku tersebut antara lain
Kriteria Desain enjineering Konstruksi Jaringan Distribusi
Standar Konstruksi Sambungan Tenaga Listrik
Standar Konstruksi Jaringan Teggangan Rendah Tenaga Listrik
Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga
Standar Konstruksi Jaringan Tegangan Menengah Tenaga Listrik


Jika anda menginginkan file tersebut, kirim nama, email corporate dan penempatan anda di bagian "Comment".

Terima Kasih

Comments

  1. HUSNUL YAQIN angk.46 mas. masih Pembidangan di Pandaan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal husnul
      Saya angk 41, tolong kirim alamat email husnul ya

      Delete
  2. alfianmahendraputra@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Hallo pak sayid
    E-mail corporate sya julian.oroh@pln.co.id
    Saya dari manado sulawesi utara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, salam kenal
      Data sudah saya kirim ya melalui drive google. Kalau ada kendala mendownload, jangan segan segan mengabari

      Ohh di Manado, ada teman saya juga di area manado, si yuga mas
      apa satu kantor dengan beliau?

      Delete
    2. Mas Yuga masi di Area Manado Mas

      Delete
  4. salam kenal pak sayid
    saya R M Hadi Kusuma
    rm.hadikusuma@pln.co.id
    Bagian Perencanaan Sistem Kelistrikan
    PLN Wilayah Kalimantan Barat

    ReplyDelete
  5. Salam Kenal Pak
    Saya Sahrul
    sahrul.anwar19@gmail.com
    Masih Kuliah Di STTPLN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Mas Sahrul
      Berhubung dokumen ini termasuk dokumen perusahaan, saya hanya diberi hak untuk menyebarkan sesama pegawai PLN


      Terima Kasih

      Delete
  6. salam kenal pak sayid
    saya falen suryadinata dari mahasiswa padang
    saya bisa mintak tolong minta kirimin file buku pln 1- 5 pak.
    terimakasi pak sayid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Mas Falen
      Berhubung dokumen ini termasuk dokumen perusahaan, saya hanya diberi hak untuk menyebarkan sesama pegawai PLN


      Terima Kasih

      Delete
  7. Salam Kenal Abang Sayid
    bagi dong file nya.
    ak angkatan 48.
    yaumulfauzi@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  8. rishan_aja@yahoo.com


    tolong di kirim yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Chan
      Boleh tau mas bekerja di Unit mana ya?

      Delete
  9. Salam kenal mas, sya Dwi, saya bekerja di PLN Jasa Sertifikasi Sumut bagian administrasi. kalau boleh saya minta kirim file ini ke email saya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal kembali, berkasnya sudah saya kirimkan

      Terima Kasih

      Delete
  10. salam kenal mas saya raka farhan, masih pendidikan di udiklat bogor angkatan 13 bagian transmisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas raka farhan

      Semoga tetap semangat semasa pendidikan

      Delete
  11. salam kenal mas, saya adi azhari angk. 47, sekarang masih OJT..
    kalau boleh saya juga minta file nya mas, email adi.azhari09@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau mas adi udah ada email corporate, akan saya kirim. Saya hanya ingin memastikan bahwa file yang saya kirim k pihak dalam lingkungan perusahaan

      Delete
  12. Mohon maaf Mas Adi
    Berhubung dokumen ini termasuk dokumen perusahaan, saya hanya diberi hak untuk menyebarkan sesama pegawai PLN. Saya akan kirimkan ketika mas memiliki emali corporate ya.
    Mohon maaf


    Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf mas Adi, kalo ilmu disebarluaskan gak akan rugi, malah bertambah pahalanya. Di search mbah google info yg mas Adi anggap dokumen intern bs diperoleh gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gak ada rugi jika ilmu disebarluaskan, tetapi ada aturan perusahaan untuk tidak menyebarkan dokumen tersebut.

      Delete
  14. salam kenal mas, saya wahyu pamungkas
    kalau boleh share, tolong kirim ke email wahyu.pamungkas@pln.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirimkan filenya
      Semoga bermanfaat

      Delete
  15. YTH Pak Sayid Tarmizi,
    saya tertarik tentang Diklat Konstruksi : Buku 1-5. Informasi ini saya dapat dari internet.

    saat ini saya bekerja di PT. Dulmison indonesia.
    Alamat email saya: rafdinal.s@gmail.com

    ReplyDelete
  16. assalam mas boleh di share file nya mas
    salam kenal haryono mas

    haryono.anwar@pln.co.id


    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirimkan filenya
      Semoga bermanfaat mas haryono

      Delete
  17. mas tolong kirim ke
    arridhal81@gmail.com

    nama arridhal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tau mas, mas bekerja di unit mana ya?

      Delete
  18. mas, apa ada buku PLN tentang standard konstruksi SUTT 70 kV utuk tiang lattice? karena saya hanya menemukan konstruksi tiang baja. terimakasih.

    kalau ada tolong share ya mas, di atlarhat@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Mohon maaf mbak, saya belum memiliki dokumen tersebut


    Terima Kasih

    ReplyDelete
  20. saya mahasiswa elektro dari teknik untan mas, apakah untuk buku diklat hanya untuk pegawai pln saja? jika berkenan saya juga ingin mngetahui kontruksi jtr,jtm,gardu serta sr. karena teori di kampus berbeda sekali di lapangan, jika berkenan boleh kah di share file nya? ini email saya herdiansyah3114@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mas, buku tersebut tidak disebarkan untuk diluar non pegawai (bukan hak saya)

      Saya menyarankan untuk OJT atau magang di kantor PLN terdekat

      Delete
  21. assalam. mas/mbak yang sudah punya file tersebut tlog emailkan ke saya ya wahyuaceh88@gmail.com. kbetulan sya lagi nyusun skripsi.. butuh banget bahan2 tsbut. terimkasih atau bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam. Mohon maaf untuk buku tersebut , saya hanya menyebarkan ke pihak internal saja

      Delete
  22. Siang pak, mohon di kirimkan dokumenx ke email kami di amegatronic@yahoo.com
    sebagai panduan kami dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi sebagai kontraktor tenaga listrik. Terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menghubungi kantor UIW/UP3 atau ULP terdekat.

      Delete
  23. Boleh dong share dokumen buku 1-5.
    Salam,

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Salam kenal mas, sy JE Hardist di PLN Rayon Sungguminasa (Wil Sulselrabar),

    boleh tlg dishare materinya ke email saya:
    andi.nurul@pln.co.id atau
    nurulcnisa@gmail.com,

    Terimakasih sebelumnya.
    Best regards.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam. data telah dikirim melalui email. Mohon dimaklumi kesibukan kita di unit

      Delete
  25. mardimgc@gmail.com pak saya mardiansyah masih ojt di diklat palembang tolong kirimkan file yang harus saya ketahui terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin datanya sudah tidak diperlukan lagi

      saya doakan semoga dimudahkan setelah menjadi pegawai mas

      Delete
  26. Salam Kenal, sy Bambang Gunari, Praktisi Listrik di Madiun, mohon kiranya dapat dikirimkan ke sy Materi2 bagus tersebut diatas ke : bgradiotek@gmail.com, terima kasih

    ReplyDelete
  27. Salam kenal pak
    Saya risna julianti angkatan 57 dan masih ojt di kantor wilayah riau dan kep. Riau bidang teknik
    Bisa tolong share buku pln 1 s.d 5 ke email saya pak?
    risna.rj27@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah dek iis, akhirnya kita ketemu juga di satu kantor

      Delete
  28. Salam kenal pak
    Saya iis angkatan 57 dan masih ojt di kantor wilayah riau dan kepri bidang teknik
    Bisa tolong share buku pln 1 s.d 5 ke email saya pak?
    risna.rj27@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
  29. Muhammad KhaidirMonday, 21 August, 2017

    tolong kirimkan pak nama muhammad khaidir, diklat di bogor email : mochhaidir28@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Salam kenal mas Sayid Tarmizi, sy Ari dari UPP JJBT3 Semarang. Jika berkenan, tolong di share ke email sy :

    aripramudhito@yahoo.com, atau ke
    ari.pramudhito@pln.co.id.

    Salam, Ari Pramudhito

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam warahmatullah

      file tersebut telah dikirim ya mas

      Delete
  31. Salam kenal, Pak.
    yhantythosuly04@gmail.com

    nama Yanti.

    ReplyDelete
  32. yusufsofyan2473@gmail.com
    saya pengajar di jurusan teknik elektro politeknik negeri bandung, mohon bapak berkenan untuk mengirimkan file-file tersebut, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas yusuf, apakah bapak memiliki email corporate pln?

      Delete
  33. Maaf sebelumnya, karena saya dulu juga pernah diklat diungaran tapi belum dikasih materi-materi tersebut. Maka dari itu kalo boleh saya minta file nya.
    Terima kasih.

    email : galuhtriyannto9@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Saya minta tolong mas, kirimin file buku nya di email saya.

    levinnio98@gmail.com

    Mohon bantuannya ya Mas...
    Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      mas apakah punya email corporate pln? mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  35. ini masih aktif kah ??
    indriber@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lama tidak memberikan postingan baru mas karena kesibukan di unit

      Ada yang bisa dibantu?

      Delete
  36. Assalamu alaikum saya Dadang Mulyana, tenaga pengajar di Jurusan Pend. Teknik Elektro FT Unimed, mohon untuk dapatkan file ini untuk bahan sumplemen pengajaran email: dadang@unimed.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam pak dadang
      Mohon maaf saya tidak bisa memberikan datanya secara langsung ke pak dadang

      Delete
  37. Salam kenal pak. Mohon bias dikirimkan pak bukunya. Dhika Anggara. Email: dhika.anggara@pln.co.id (JA Pemasaran dan pelayanan pelanggan PLN Area Bima)

    ReplyDelete
  38. siang mas, saya reski bekerja di Pln Wil Sumbar, bisa minta materinya ngak mas
    ke email : reski.rahmadhi@pln.co.id
    tks

    ReplyDelete
  39. siang mas, boleh minta file nya ngak, saya bekerja di pln wilayah sumbar, kalau bisa di kirim ke email : reski.rahmadhi@pln.co.id
    atau ke email : reskir1998@gmail.com
    tks

    ReplyDelete
  40. tolong pak bisa kirim dokumen file buku PLN 1-5 nya. nsubchan608@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas nugraha
      apakah punya email corporate pln? mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  41. Salam Pak Husnul,
    Mohon dibantu pak untuk bisa share bukunya sebagai bahan bacaan. Terimakasih
    ijin email saya : janter.lombu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam pak jus
      apakah punya email corporate pln? mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  42. Elga Aji
    elgaajik@gmail.com
    penempatan PLN UP2D Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah punya email corporate pln? mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  43. iswahyudi asal bandung universitas pendidikan indonesia jurusan teknik elektro
    email : iswahyudisetia55@student.upi.edu
    mohon di bantu bisa di share bukunya pak untuk pencarian bahan skripsi terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah saudara memiliki email corporate pln? mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  44. andi mappeare ( Bagian Jaringan )
    PT.PLN (Persero) UP3 Pinrang
    Jln Jend.Sukawati no. 24 Kab.Pinrang
    Sulawesi Selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah saudara memiliki email corporate pln?
      terkait aturan data perusahaan, mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja

      Delete
  45. selamat pagi pak
    sebelumnya maaf mengganggu
    nama saya ROMA purba mahasiswa dari institut teknologi medan jurusan teknik elktro
    kebetulan saya ikut program magang mahasiswa bersertifikan atau yg di singkat PMMB di PLN
    RAYON MENGWI
    memohon kepda bapak yg sebesar besarnya untuk dapat membantu saya untuk belajar lebih tepat tentang jaringan distribusi untuk itu saya meminta ketersediaan bapak untuk mengorim buku itu lewat email pak
    sebelum nya saya ucaokan terimakasih banyak pak
    romapurba38@gmail.com iniemail saya pak
    sekali lagi tolong pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah saudara memiliki email corporate pln?
      terkait aturan data perusahaan, mohon maaf saya hanya dapat mengirimkan data tersebut ke internal saja
      atau silahkan kirimkan email korporate pegawai yang disana
      Terima kasih

      Delete
    2. Boleh saya donk pak.. salam kenal saya Kunika Mr dari PLN UIP JBTB II alamat email kunika.maulana@gmail.com

      Delete
  46. selamat pagi
    nama saya Roma Purba
    saya dibagian pengoperasia gardu distribusi dan jaringan tegangan menengah
    sayaa ,,Tolong dong kiirimin kesaya soalnya saya butuh untuk ujian sertifikasi nanti
    tolong kirimin ke email saya ya
    romapurba38@gmail.com

    ReplyDelete
  47. Harap memberikan email corporate pln, dan nantinya akan dikirimkan

    ReplyDelete
  48. makasih atas responnya mas..

    alamat email korporat saya kunika.maulana@gmail.com

    terima kasih ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dapat dikirimkan alamat email korporat pln.
      terima kasih

      Delete
  49. sorry2.. maksudnya kunika.maulana@pln.co.id

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  50. Halo. Boleh saya minta filenya? Terimakasih banyak sebelumnya ya.

    gilberttranggana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dapat dikirimkan alamat email korporat pln.
      terima kasih

      Delete
  51. Salam kenal Pak/Bu

    Alamat emailnya
    poppyfgpurba@gmail.com
    Trimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dapat dikirimkan alamat email korporat pln.
      terima kasih

      Delete
  52. Salam kenal pak/bu. sy ojt angkatan 73. untuk saat ini sy belum mempunyai email korporat. sy sedang ojt di UP3 Ambon.
    jika berkenan berbagi file-nya, bisa di-share di email ini @ronip9014@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya tidak diperbolehkan kirim non PLN. Terima kasih
      Coba kirimkan alamat email mentornya.

      Delete
  53. Assalamualaikum salam kenal pak Sayid Tarmizi, saya Roni PLN mohon kiranya saya bisa dikirimkan file buku kontruksinya ke alamat pln saya di fachrur.zamroni@pln.co.id buku yg bermanfaat dan sangat bagus untuk kami sebagai anak baru di PLN pak.. Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, sudah dikirimkan pak. Semoga memudahkan pekerjaan kita

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jam Nyala

Jam Nyala (JN) adalah rasio dari pemakaian kWh dalam satu bulan dibagi dengan daya (kVA) tersambung. Jam Nyala merupakan parameter untuk menentukan seberapa besar daya yang tersalurkan pada pelanggan tersebut untuk berbagai daya. Dengan jam nyala kita akan menentukan apakah pelanggan tersebut besar atau kecil pemakaiaannya. Rumus sebagai berikut :

Kode-kode Listrik Prabayar

Listrik prabayar dapat digunakan dengan cara mengisi terlebih dahulu pulsa/token. Selain itu, LPB (litrik prabayar) dapat juga untuk mengukur tegangan dan arus yang sedang mengalir. Dengan menekan kode-kode tertentu kita bisa mendapatkan besar tegangan, sisa kredit, daya sesaat dll. Pada umumnya di LPB menggunakan kode yang sama seperti (tekan enter setelah kode tersebut) 37 enter untuk sisa kWh, dan 41 enter untuk tegangan Berikut kode dan fungsi dari 00 sampai 99

Kelas Current Transformer

KELAS CURRENT TRANSFORMER CT proteksi dan CT metering apa sih bedanya? Sebenarnya keduanya bekerja dengan prinsip yang sama, mengubah nilai arus pada primer menjadi nilai arus pada sekunder dengan perbandingan tertentu. Pada umumnya, CT pada Tegangan Menengah memiliki 4 terminal yang mana 2 output untuk pengukuran dan 2 output digunakan untuk proteksi. Terminal sekunder pada CT 1S1 dan 1S2 digunakan sebagai terminal sekunder untuk pengukuran dan 2S1 dan 2S2 digunakan sebagai terminal sekunder untuk proteksi. Kelas CT Metering Dalam IEC61869-2, telah diatur kelas untuk CT yaitu 0,1 - 0,2 - 0,5 - 1 - 3 - 5 dan ada juga 0,2s dan 0,5s. Perbedaan antara keduanya adalah error maksimal terjadi pada CT tersebut. Untuk memudahkan pemahaman, bisa dilihat pada tabel dibawah ini. Kelas CT