Skip to main content

Cek Tagihan Listrik PLN

Terdapat dua layanan listrik yang umumnya diberikan oleh PLN kepada masyarakat. Layanan tersebut adalah listrik paskabayar dan listrik prabayar. Info perbedaan antara kedua layanan dapat diakses disini.

Bagaimana mengetahui atau mendapatkan informasi terkait tagihan listrik?

PLN MOBILE

Salah satu aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT PLN (Persero) adalah PLN MOBILE.
Salah satu fiturnya adalah mengecek tagihan terakhir. Fitur ini dapat digunakan walaupun belum dilakukan login pada aplikasi tersebut. PLN MOBILE dapat diinstal melalui playstore.
Tampilan saat membuka aplikasi PLN MOBILE


Buka tab informasi dan pilih informasi tagihan dan token listrik

Masukkan idpel dan nomor meter yang ingin dicari
Dengan menggunakan PLN Mobile maka kita bisa mengetahui tagihan listrik tanpa harus ke kantor.
Note: tagihan yang akan ditampilkan adalah jumlah rupiah terakhir.
Tutorialnya dapat dicek disini


Call Center

Cara ini dapat dilakukan dengan cara menghubungi call center PLN dengan menggunakan nomor (kode area) 123. Melalui Call Center kita dapat menanyakan tagihan listrik kita di bulan terakhir ataupun tagihan sebelumnya. Kemudahan menggunakan cara ini adalah aksesnya yang mudah, dapat dihubungi kapan saja melalui pesawat telpon ataupun melalui hp.
Kode area yang dapat digunakan bisa dengan kode area manapun di seluruh Indonesia. (021)123, (0771)123 juga dapat diakses untuk menghubungi Call Center PLN.
Jangan lupa untuk mencatat nomor kwh/idpel yang ingin kita ketahui tagihan nya.

Ke Kantor Langsung

Cara ini mudah dilakukan jika jarak dan waktu bukanlah menjadi kendala.
Cara ini juga dapat digunakan untuk memastikan stand/angka baca benar.
Syaratnya adalah hanya membawa nomor kwh ataupun tagihan rekening listrik terakhir(sebenarnya cuma butuh IDPEL)


Comments

Popular posts from this blog

Jam Nyala

Jam Nyala (JN) adalah rasio dari pemakaian kWh dalam satu bulan dibagi dengan daya (kVA) tersambung. Jam Nyala merupakan parameter untuk menentukan seberapa besar daya yang tersalurkan pada pelanggan tersebut untuk berbagai daya. Dengan jam nyala kita akan menentukan apakah pelanggan tersebut besar atau kecil pemakaiaannya. Rumus sebagai berikut :

Kode-kode Listrik Prabayar

Listrik prabayar dapat digunakan dengan cara mengisi terlebih dahulu pulsa/token. Selain itu, LPB (litrik prabayar) dapat juga untuk mengukur tegangan dan arus yang sedang mengalir. Dengan menekan kode-kode tertentu kita bisa mendapatkan besar tegangan, sisa kredit, daya sesaat dll. Pada umumnya di LPB menggunakan kode yang sama seperti (tekan enter setelah kode tersebut) 37 enter untuk sisa kWh, dan 41 enter untuk tegangan Berikut kode dan fungsi dari 00 sampai 99

Kelas Current Transformer

KELAS CURRENT TRANSFORMER CT proteksi dan CT metering apa sih bedanya? Sebenarnya keduanya bekerja dengan prinsip yang sama, mengubah nilai arus pada primer menjadi nilai arus pada sekunder dengan perbandingan tertentu. Pada umumnya, CT pada Tegangan Menengah memiliki 4 terminal yang mana 2 output untuk pengukuran dan 2 output digunakan untuk proteksi. Terminal sekunder pada CT 1S1 dan 1S2 digunakan sebagai terminal sekunder untuk pengukuran dan 2S1 dan 2S2 digunakan sebagai terminal sekunder untuk proteksi. Kelas CT Metering Dalam IEC61869-2, telah diatur kelas untuk CT yaitu 0,1 - 0,2 - 0,5 - 1 - 3 - 5 dan ada juga 0,2s dan 0,5s. Perbedaan antara keduanya adalah error maksimal terjadi pada CT tersebut. Untuk memudahkan pemahaman, bisa dilihat pada tabel dibawah ini. Kelas CT